Rabu, 10 November 2010

Kultwit Asas Manajemen

A. Strategy

1. #strategy: target - pilihan cara - memilih cara - implementasi

2. Dalam #strategy ada beberapa hal yg perlu dikenal: misi, target, objektif, opsi, kontrol, kompetensi, dan implementasi

3. yg saya bicarakan di sini adlh #strategy manajemen, namun tak ada salahnya apabila diaplikasikan dlm kehidupan.

4. Misi: pernyataan apa yg kita percaya dpt membimbing kita. Temannya visi. Dlm perusahaan biasanya punya visi misi formal #strategy

5. misi itu tugas penting utk kita, diimplementasikan dr visi, dan terimplementasi dlm target2 #strategi

6. target adalah misi yg terimplementasi, biasany konkret, dlm angka2 #strategy

7. target biasanya berkecambah dua, yakni mengembangkan dan meningkatkan #strategy

8. Meningkatkan dpt berupa income maupun target pangsa pasar, dengan persentase dan waktu tertentu #strategy

9. mengembangkan biasanya berupa target konsumen. jangan lupa presentase dan batas waktunya #strategy

10. target semisal ingin membaca dua bab buku dalam enam jam. namun apa langkah2 yg hrs dilakukan utk memenuhiny? #strategy

11. kita butuh objektif, atau langkah2 menuju target. anda yg berkecimpung di dunia training pasti tak asing, kan? #strategy

12. di training, stlh membuat analisis (melihat kondisi trainee) yg disebut TNA, desainer training membuat target dan objektifny #strategy

13. apa yg hrs dilakukan utk dpt menghabiskan 2 bab buku dlm 6 jam? Memperbanyak kosakata, melatih baca cepat, dll inilah objektif #strategy

14. dlm memilih strategi, pasti ad opsi2/pilihan2. smua ditelusuri, mulai dr benefit, resiko, dll. spt memilih jalur utk ke kampus #strategy

15. tentu saja kita biasa menginginkan strategi yg ideal, namun kenyataan akan selalu mengontrol - constraints #strategy

16. yg tau das sein sm das solen pasti ngerti. jalur terpendek ke kampus bisa lewat sini, namun nyatanya motor gblh lawan arus #strategy

17. dlm manajemen, seorang manajer harus bs melihat kenyataan2 apa yg mgkn dpt menghambat strategi yg akan dipilih #strategy

18. tentu saja, strategi yg dipilih adlh sesuai dgn kompetensi utama organisasi… dilarang makan lahan ya #strategy

19. semudah mengucapkan, implementasi adalah menerapkan strategi. operasional. dan yg plg sulit. #strategy

20. beberapa hal td adalah yg perlu kujelaskan sblm kita berjingkrak menuju core dr #strategy… eh btw darimana ya ada strategi?

21. #strategy dikenal dlm peperangan… sebagai ilmu dan juga seni.

22. pernah tahu The Art of War oleh jendral Sun Tzu? salah satu buku keren baik utk #strategy perang maupun bisnis.

23. namun saya lbh suka The Prince - Machiavelli, yg saya baca waktu SMA. dua komponen strategi, virtue dan luck #strategy

24. Machiavelli menulis berdasarkan 2 tokoh besar, Clausewitz yg akan saya sering sebut nanti, dan Moltke #strategy

25. 2 tokoh tsb adalah war strategist, yg mengatakan bhw tidak ada strategi yg dpt dipastikan sukses #strategy

26. knp? pasti ada hal2 tak terduga selama implementasi, melampaui hal2 tsb utk mencapai target sm pentingny dgn #strategy

RT @KERbiie: Teman2 penganut aliran kitab putih, ikuti kuliah twitnya @dwikrid yaa. Dia menjabarkan tentang ayat #strategy

27. mengendus #strategy dr ilmu perang, selalu ada strategi2 dasar sebagai resep yg diadaptasi dlm organisasi.

28. dlm buku Competitive Strategy, Porter menuliskan empat opsi #strategy dasar dlm bisnis

29. keempatnya teramu dalam dua target - scope atau advantage-nya #strategy

30. pilih pangsa pasar besar dgn harga murah? anda memimpin dgn harga - cost leadership #strategy

31. atau anda hanya menembak pangsa pasar tertentu, specified, dgn harga murah - cost focus #strategy

32. hmm saya lebih suka menjual jasa dgn kualitas lebih dlm pangsa pasar yg luas - differentiation #strategy

33. kualitas lebih dgn pangsa pasar yg specified - ya, anda memilih focused differentiation sbg pilihan #strategy

34. well, pada dasarnya pilihan2 #strategy dasar adalah pilihan2 yg plg simpel, sederhana. remember this.

35. entah untuk berkembang, bertahan dr pesaing, memanen uang sblm terlambat, memutar haluan bahtera organisasi, dll #strategy

36. namun ingat, #strategy dasar bukanlah aturan yg hrs ditaati, krn dunia ini penuh deviasi. be flexible.

37. skrg mari bersiap2 ke intinya - langkah2 dlm menyusun #strategy!

38. langkah pertama adalah evaluasi. menilai kondisi organisasi - Strength dan Weakness-nya #strategy

39. langkah kedua, melihat situasi di luar, untuk mengetahui Opportunity - kesempatan dan Threat - gangguan #strategy

40. langkah 3, melihat prioritas diantara SWOT yg dikentarai! ini memang langkah lawas dan sebenarnya uda gak zaman euy #strategy

41. 4th move: membuat dan meng-assess opsi2 #strategy. the options scatter everywhere, pick one, okay?

42. memutuskan satu dari beberapa pilihan #strategy memang sulit. mau strategy dasar atau lewat cara2 kreatif?

43. memutuskan dgn cara asesmen opsi, misalnya dgn skoring - usulan Altier, seorang konsultan dr amrik #strategy

44. ya, ‘pengukuran’ ini utk melihat pilihan2 #strategy mana yg memuaskan, dgn indikator2 spt sumber daya dan modal yg hrs digunakan

45. stlh memutuskan sebuah #strategy, lakukan 5th move: buat target dan objektifnya. mendetil tentu saja.

46. 6th move: membuat perencanaan; hal ini termasuk memikirkan resiko dan mengkomunikasikan rencana tsb #strategy

47. rencana perlu dibuat utk menghadapi hal2 tak terduga, misalnya inflasi, hilangny selera konsumen, munculny pesaing baru, dll #strategy

48. tentu kita hrs memikirkan kemungkinan resiko terjadi, misalnya meteor yg bkl menghantam bumi jrg terjadi toh #strategy

49. hal2 eksternal yg mengejutkan ini disebut Ansoff sbg environmental turbulence - kok kayak judul album DT ya? #strategy

50. turbulensi ini diukur dlm 3 dimensi, yakni instability, discontinuity, dan unpredictability #strategy

51. instability berbicara ttg bgmn suatu peristiwa yg terjadi dpt mempengaruhi organisasi #strategy

52. discontinuity berbicara ttg seberapa parah sebuah peristiwa dpt terjadi dan mengubah lingkungan eksternal #strategy

53. unpredictability berbicara seberapa sering sebuah peristiwa dpt terjadi. jatuhnya meteor di kantor anda jrg2 kan? #strategy

54. namun percayalah, resiko yg paling berbahaya adlh ketika strategi anda tdk berjalan sesuai rencana :p #strategy

55. mengkomunikasikan rencana berguna utk apa sih? sepenting apakah? #strategy

56. agar semua anggota organisasi tahu peran msg2, dan menjalankanny sesuai rencana, utk kemudian diimplementasikan #strategy

57. 7th move: implementasi dan evaluasi progress. kontrol perlu dilakukan pd setiap operasional yg dilakukan #strategy

58. itulah 7 langkah dlm penyusunan #strategy, very cool, as well as playing chess.

sementara itu #strategy nya tweeps, selanjutny saya akan menekankan HOW to do strategy, dan tentuny ttg implementasi. nantikan!


B. Organization

1. Organisasi adalah sesuatu yang kompleks secara teoritis dan praktis. Mereka cenderung mengalami perubahan dan evolusi #asmen

2. Setiap organisasi memiliki keunikan, mereka tidak bisa digeneralisasi dan dijabarkan melalui satu teori baku, karena sifatnya dinamis #asmen

3. Perilaku organisasi mempelajari bagaimana sebuah organisasi berfungsi dan bagaimana sebaiknya dikelola #asmen

4. Struktur, mempelajari bagaimana sebuah organisasi terbentuk dan bagaimana hubungan antarbagian yang terbentuk di dalamnya #asmen

5. Hierarki menjelaskan bagaimana tingkatan-tingkatan di dalam organisasi. tiap anggota memiliki tanggung jawab yang berbeda #asmen

6. Komunikasi adalah bagaimana esensi organisasi bersirkulasi. Sifatnya bisa vertikal dan horizontal, baik secara formal dan informal #asmen

7. Koordinasi adalah apa yang dilakukan manajer dalam membawa seluruh elemen organisasi bergerak ke satu tujuan yang sama #asmen

8. Bila koordinasi sudah baik, setiap orang akan memahami tugas mereka masing-masing #asmen

9. Departemen adalah organisasi di dalam organisasi, masing-masing memiliki spesialisasi fungsi #asmen

10. Grup dan tim adalah bagian terkecil dari organisasi. Grup biasanya lebih besar dan tidak punya pemimpin yang resmi #asmen

11. Jaringan adalah hubungan antarmanusia tanpa peduli hierarki. Semua diperlakukan sama #asmen

12. Kultur? Ia terdiri atas keyakinan, pemikiran, ide, keunikan yang dimiliki oleh sebagian besar anggota organisasi #asmen

13. Menurut Gareth Morgan, organisasi sulit untuk bisa dijelaskan melalui satu teori saja. Mereka terlalu kompleks #asmen

14. Yang termasuk dalam organisasi bukan hanya manusia lho, melainkan juga teknologi yang membantu mereka dalam bekerja #asmen

15. Tidak ada dua organisasi yang persis sama. Walau strukturnya serupa, mereka tetap memiliki perbedaan #asmen

16. Menurut Mintzberg, setiap organisasi beradaptasi dan berevolusi sesuai dengan lingkungan yang mereka hadapi #asmen

17. Teori dan praktik tidak selalu sejalan, tidak ada teori yang benar-benar ideal untuk diterapkan karena selalu ada faktor x #asmen

18. Alfred Chandler percaya bahwa dalam membentuk organisasi harus ditemukan tujuan terlebih dahulu, kemudian mencari gaya yang sesuai #asmen

19. Sebaliknya, Collins&Porras bilang bahwa organisasi justru terbentuk dengan sendirinya bila ada orang-orang yang berpemikiran sama #asmen

20. Tidak ada aturan baku dalam membuat struktur organisasi. Semua tergantung kebutuhan #asmen

21. The board of director: bertanggung jawab atas hukum, strategi, juga memastikan pencapaian target #asmen

22. Subdivisi diperlukan, karena semakin besar suatu organisasi maka ia akan semakin sulit dikontrol #asmen

23. Front line: bagian yang langsung berhubungan dengan konsumen. support: tidak langsung, tapi harus ada untuk menunjang kehidupan organisasi #asmen

24. Michael Porter bilang, value chain itu bagian dari strategi. Kita merencanakan bagaimana memproses suatu benda agar bernilai tambah #asmen

25. Contoh value chain: kita mengubah selembar kain menjadi baju yang modis dengan memotongnya sesuai pola tertentu, diberi kancing, dst #asmen

26. 3 aset fisik perusahaan secara tradisional: land, labour, kapital (keuangan) #asmen

27. Tapi di masa kini, pengetahuan, pengalaman, kemampuan membaca pasar juga termasuk dalam kapital #asmen

28. Goodwill dan branding produk juga merupakan modal dalam menjalankan perusahaan. #asmen

29. Kadang skill tidak mempengaruhi kesuksesan organisasi. Kerja sama lebih diperlukan daripada kemampuan individu #asmen

30. Organisasi tidak statis, mereka berkembang karena tersusun atas individu-individu unik yang bekerja sama #asmen

31. Tidak semua yang terjadi dalam organisasi adalah hal rasional, kadang mereka terbentuk dari ketidaksadaran kolektif #asmen

32. Motivasi kerja seorang individu dapat mempengaruhi kinerja organisasi secara keseluruhan #asmen

33. Orang bekerja karena berbagai alasan. Bukan hanya soal uang, melainkan juga mengenai kebutuhan mereka akan pembuktian diri #asmen

34. Rekan kerja yang menyenangkan juga dapat membuat seseorang bersemangat dalam menyelesaikan tugasnya #asmen

35. Grup yang efektif adalah grup yang mampu menciptakan atmosfer positif bagi anggotanya untuk mencapai tujuan bersama #asmen

36. Relasi dalam organisasi, bisa bersifat formal maupun informal #asmen

37. Relasi formal, misalnya dalam hierarki, terjadinya kontrol dan koordinasi #asmen

38. Relasi informal, misalnya dalam grup dan antarindividu, ikut menyemarakkan kehidupan organisasi #asmen

39. Relasi informal dapat menunjang relasi formal. Bila hubungan atasan dan bawahan baik, akan lebih mudah berkoordinasi bukan? #asmen

40. Selain itu, bisa saja ide-ide segar yang mantap muncul saat dua orang sedang mengobrol santai. Menguntungkan bukan? #asmen

41. Power=kemampuan mempengaruhi orang lain. Manajer wajib punya ini #asmen

42. Suatu organisasi bisa saja mempengaruhi kehidupan organisasi lain #asmen

43. Kontrol dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan organisasi, apakah sudah sesuai dengan target atau belum #asmen

44. Err koordinasi juga sih fungsinya sama seperti kontrol, tapi sepertinya ia lebih manusiawi, tidak ada pemaksaan #asmen

45. Koordinasi sifatnya seperti demokrasi. Semua bebas menentukan pilihan mau bekerja seperti apa, yang penting sesuai tujuan #asmen

46. Kultur bisa memberi pengaruh positif maupun negatif. #asmen

47. Kultur progresif memunculkan kreativitas, inovasi, yah pokoknya membantu organisasi jadi lebih berkembang #asmen

48. Kultur konservatif lebih suka rutinitas, bagi mereka perubahan adalah ancaman #asmen

49. Efektivitas organisasi dari bagaimana cara anggotanya bekerja, berkomunikasi, berinovasi, dan atmosfer positif yang ada #asmen

50. Dari semua aspek, kepemimpinan adalah esensi dari segala organisasi. #asmen

51. Pemimpin bukan hanya memberi perintah, namun juga melayani anggotanya #asmen

52. Bila ucapan dan perbuatan seorang pemimpin tidak sama, ia bisa gagal memimpin anggotanya #asmen

53. Pemimpin berperan sebagai perencana dan pemberi stimulus terjadinya perubahan #asmen

54. Pemimpin adalah sumber inspirasi dan motivasi dalam organisasi #asmen

55. Perubahan adalah hal yang penting. Kenapa? Kebutuhan konsumen senantiasa berubah, begitu pula selera mereka #asmen

56. Menurut Tom Peters, perubahan itu sifatnya konstan #asmen

57. Menurut Andrew Grove, perusahaan harus bisa bersikap fleksibel dalam menghadapi perubahan #asmen

58. Menurut Jim Collins, seni dalam manajemen adalah mengetahui apa yang harus diubah, kapan harus mengubah, dan apa yang harus ditinggalkan #asmen

59. Perubahan ada yang direncanakan, ada yang terjadi tanpa rencana #asmen

60. Perubahan tanpa rencana terjadi pada hal-hal diluar kendali, misalnya perubahan pada kompetitor, konsumen, dan lingkungan #asmen

61. Perubahan yang terencana terjadi karena campur tangan seluruh pihak di dalam organisasi #asmen

62. Perubahan harus dipersiapkan secara matang sebelum dilaksanakan #asmen

63. Kata Christ Argyris, susah saat organisasi menganut prinsip “defensive routines” mereka tidak suka perubahan #asmen

64. Ada dua tipe kepemimpinan dalam organisasi, yaitu sentralisasi dan desentralisasi #asmen

65. Sentralisasi? Ya, kepimimpinannya terpusat pada satu titik. Bentuknya bisa Family, Bureaucracy, Line&Staff, atau M-Form #asmen

66. Desentralisasi? Kebalikannya. kepemimpinan dibagi ke beberapa titik untuk memudahkan. #asmen

67. Bentuk desentralisasi bisa Flat Organization, Organic Organization, Matrix Organization, Network, atau Virtual Organization #asmen

68. Family berarti kepemimpinan suatu organisasi dikelola oleh orang-orang yang berasal dari satu keluarga #asmen

69. Bureaucracy berarti kepemimpinan yang memiliki hierarki yang kuat, senior mengontrol junior #asmen

70. Line&Staff, kepemimpinan semacam bureaucracy namun lebih fleksibel. Tidak seketat bureaucracy #asmen

71. M-Form: tiap divisi beroperasi sebagai usaha yang terpisah, manager harus bisa mensinergikan mereka #asmen

72. Flat Organization: satu manajer membawahi banyak divisi, kepemimpinannya melebar bukan mendalam #asmen

73. Organic Organization: tidak ada aturan formal yang harus dipatuhi anggota, setiap orang bisa cross tugas #asmen

74. Matrix Organization: setiap anggota bertanggung jawab terhadap atasan dalam dua arah #asmen

75. Networks: setiap bagian dari organisasi terikat, sifatnya interdependence. Mereka terpisah-pisah namun sejajar #asmen

76. Virtual Networks: seperti networks, namun setiap anggota terpisah jauh secara geografis dan bergantung pada teknologi #asmen


c. Human Resources


1. #HR human resources atau SDM adalah ameliorasi (percantikan) term labour/pekerja.

2. di negara kita, SDA dieksploitasi oleh pihak2 tertentu dan/atau dinikmati negara asing. wow! #HR

3. bagaimana dgn SDM-nya? tanyalah keluarga anda yg bekerja utk orang lain hehehe #HR

4. penting! humanitas adlh pusat aktivitas organisasi. ia menampung, tdk hny kemampuan dan wawasan, namun jg pikiran-perasaan #HR

5. siapakah yg mengelola humanitas? ya ini dia: human resource management. bukan bidang saya #HR

6. Penting! HRM is not only about how to dig out resources the employees have #HR

7. memang pd awalnya, HRM bertindak sbg necessary evil dlm prinsip ekonomi - memeras pekerja/labour #HR

8. HRM era 1890-1910: bahkan anak-anak masih sering dipekerjakan. indonesia masih hidup di era ini #HR

9. pada akhir era tsb, akhirnya nasib pekerja mulai diperhatikan. indonesia? sedang beranjak #HR

10. Ford beri gaji 5x lipat. National Cash Register beri subsidi makan. anak2 loper koran di kampus sering mintain saya beli pentol #HR

11. HRM era 1920s: ganti term labour jd personnel management. penting! perubahan itu perlu, belajar dan berubahlah #HR

12. HRM era 1950s telah melakukan fungsinya sprti HRM masa kini. perubahan term mjd HRM baru dilakukan pd era 1970s #HR

13. dengan fungsi utama HRM sbg pengelola humanitas, ia memiliki banyak keterbatasan yg harus diterjang #HR

14. pertama, ia hanya punya otoritas atas humanitas dan segala yg terjadi di dalamnya #HR

15. HRM harus peka thdp perubahan2 kecil pd isu2 humanitas global. penting! #HR

16. kedua, HRM hrs merepresentasikan minat2 yg berkonflik, dan menengahi kesemuanya #HR

17. minat manajer senior blm tentu sama dgn minat manajer junior/karyawan. HRM harus bersenjatakan judgment yg baik #HR

18. disamping itu, ini penting! altruism: killing your wants for the organization's sake #HR

19. kita beranjak pada fungsi HRM, sang pengelola humanitas. tersebutlah FRAE! #HR

20. apa itu FRAE? Forecasting, Recruiting, Appraising, Ensuring #HR

21. (F)orecasting - merencanakan. penting! being aware of itself. is our organization developing or regressing? #HR

22. dgn adanya awareness, HRM dpt merencanakan semisal target penambahan karyawan di tahun mendatang #HR

23. (R)ecruiting. mempekerjakan orang2 baru #HR

24. penting! starting in a new place, and we are novice (again) #HR

25. rekruitmen punya 4 tahap yg gak sembarangan: (A)dvertising - (E)liminating - (A)ssessing - (M)aking decision #HR

26. (A)dvertising: lowongan kerja JELAS diiklankan, minimal dlm organisasi itu sendiri. mgkn ada yg bosan duduk di kursi #HR

27. (E)liminating: membuang CV yg tdk sesuai dgn lowongan pekerjaan yg tersedia. hewan dilarang masuk #HR

28. pelamar yg lolos akan melalui serangkaian tes dan wawancara: (A)ssessing #HR29. Saatnya (M)aking decision. anda saya terima sebagai orang gila. anda tak perlu digaji, kan? hehehe #HR

29. Saatnya (M)aking decision. anda saya terima sebagai orang gila. anda tak perlu digaji, kan? hehehe #HR

30. (A)ppraising. mengecek performansi karyawan, dikenal dgn sebutan PA atau Performance Appraisal #HR

31. ada semacam self-appraisal yg dilakukan karyawan itu sendiri: is a way to be aware of ourself #HR

32. blm tentu hasil PA yg jelek benar2 jelek. penting! they may SIMPLY be in the WRONG job! appraisal isn't kicking out employees #HR

33. mungkin perlu dipindah. mgkn perlu dipromosikan. penting! the best job is the suitable one #HR

34. (E)nsuring atau memastikan - banyak hal. kerjaan HRM memang banyak kok #HR

35. memastikan perkembangan karyawan misalnya, sebagai life-long learning: a gradual-dynamic changing #HR

36. disiplin karyawan. dua hal yg hrs ditangani dgn benar. deviant behavior dan whistleblowing #HR

37. deviant behavior mengacu pada misleading purpose. dilarang mengadali perusahaan tempat anda bekerja #HR

38. whistleblowing kebalik. kita percaya kl perusahaan sedang mengadali kita. kita akhirnya menyebar skandal #HR

39. memastikan kenyamanan lingkungan kerja. duduk tenang, bekerja senang :) #HR

40. memastikan komitmen karyawan pd organisasi. jgn2 mau resign. cek apakah mereka bahagia dgn pekerjaannya #HR

41. dan terakhir, memastikan karyawan yg resign itu puas, tdk stres. bahaya kl mereka menjadi whistleblowers #HR

42. sudah jelas kan fungsi HRM? :) #HR

43. kita akan beranjak ke arah dualitas humanitas dlm organisasi: manajer dan karyawan - yg sama2 bekerja #HR

44. sebenarnya manajer dan karyawan hanya dibedakan oleh jabatan struktural. sesungguhnya mereka sama2 bekerja #HR

45. ada hubungan yg etis diantara keduanya, yaitu tanggung jwb satu dgn yg lain. satu bumbu: kepercayaan #HR

46. menyedapkan, sehingga tak akan ada kepahitan yg menimbulkan whistleblowing dst. HRM menengahi bila ada konflik

47. kedua. masalah kontrak. suatu saat, mungkin salah satu pihak menyalahinya. what to do? #HR

48. refleksi kontrak: 1. again, what is fairness? #HR

49. 2. objectives cannot see subjectives. subjectives cannot handle other subjectives #HR

50. HRM dan Perubahan: mempelajari perubahan dan belajar untuk berubah #HR

51. salah satu isu yg berkembang dlm HRM adalah portofolio career - bajing loncat yg dikontrak sewaktu2 #HR

52. akhirnya tersebutlah shamrock organization yg terdiri atas: core permanent, temporary, undercontract staff #HR

53. HRM dan Perubahan: mementingkan kolaborasi - teams create synergies #HR

54. HRM dan Perubahan: memanfaatkan Globalization 3.0. IT memperindah Long Distance Relationship dlm organisasi #HR

55. yg saya suka, ada antitesis dari Globalization 3.0: High Tech, Low Life - tidak akan saya bahas di sini #HR

56. konteks lain HRM: 1. memahami mengapa karyawan bekerja #HR

57. memahami motivasi melalui 2 faset: teori pertukaran - waktu+tenaga dgn uang dsb #HR

58. ada teori alternatif: bekerja tak sll berarti menukar waktu, tenaga, dan pikiran seseorang. anda bs menengok hierarki Maslow misalny #HR

59. konteks lain HRM: mengamati keterlibatan karyawan #HR

60. karyawan harus memiliki belongingness thdp organisasinya, shg mereka jg pny andil dlm membuat keputusan #HR

61. tersebutlah demokrasi: the suggesting employee and listening management :) #HR

62. konteks lain HRM: hubungan industrial - harmonisasi pekerja dan manajemennya #HR

63. harmonisasi tsb melibatkan kontrak kerja, peraturan perusahaan, gaji, undang2 ketenagakerjaan, dll #HR

Tidak ada komentar: